Powered by Blogger.

TEGANGAN LISTRIK TIGA FASA 380 VOLT

TEGANGAN LISTRIK 3 FASA 380 VOLT
konstruksi listrik tiga fasa
Tegangan listrik tiga fasa 380 volt biasa digambarkan dalam gambar diagram listrik yaitu tiga buah garis sejajar dengan inisial khusus di Indonesia pada masing-masing garis yaitu R, S, T dan di ikuti dengan satu buah garis yang berinisial N. Sedangkan konstruksi dari listrik tiga fasa 380 volt itu sendiri lebih dikenal dengan gambar tiga buah garis yang ujungnya saling bertemu dan memiliki sudut pertemuan masing-masing garis sebesar 120 derajat, yang pada masing-masing ujung garis ber inisial R, S, T dan pada pertemuan garis tersebut ber inisial N.


Dari gambar diatas dapat juga kita tentukan nilai sudut dari RTN dan TRN dengan menarik sebuah garis lurus dari ujung R sampai ke S hingga membentuk sebuah segitiga dengan inisial ujung-ujungnya adalah RSN. Dengan menggunakan rumus segitiga dimana kita ketahui sudut dalam segitiga adalah 180° maka: 180°- 120°/2 = 30°.
Tegangan listrik tiga fasa 380 volt adalah tegangan fasa ke fasa atau lebih dikenal dengan rumus :

                V(line to line) = √3  V(line to N)
 
Tegangan listrik tiga fasa 380 volt biasa digunakan pada tegangan listrik industri yang memang memerlukan daya yang lebih besar dibandingkan daya listrik pada rumah-rumah.
Demikian sedikit ulasan tentang tegangan listrik tiga fasa 380 volt. Dari penjelasan diatas diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar tentang tegangan listrik tiga fasa 380 volt dan konstruksi dari tegangan listrik tiga fasa 380 volt.
2 Komentar untuk "TEGANGAN LISTRIK TIGA FASA 380 VOLT"

salam kenal mas. saya anak teknik, tapi jujur saya gak pernah paham beginian hahaha

salam kenal jg...lumayan, sambil rewrite skalian belajar...trims kunjungannya...

...
Back To Top