Powered by Blogger.

GENERATOR LISTRIK AC & DC


hukum faraday
hukum faraday
Generator listrik merupakan sebuah alat yang termasuk dalam kategori pembangkit listrik.
Generator listrik adalah sebuah alat yang menghasilkan atau memproduksi listrik dengan cara mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Konsep generator pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Inggis yang bernama Michael Faraday pada tahun 1831. Dari sinilah dinamakan hukum faraday, yaitu apabila sebuah konduktor atau sepotong kawat digerakan didalam medan magnet sehingga memotong medan medan magnet, maka akan timbul arus induksi pada konduktor tersebut yang disebut dengan GGL (gaya gerak listrik).
Dapat dilihat dari gambar diatas, apabila magnet digerakan maju mundur dan konduktor berada diantara kutub utara dan kutub selatan magnet, maka jarum pada galvanometer akan bergerak,hal ini terjadi dikarenakan konduktor telah memotong medan magnet dan dari sananlah diketahui adanya gaya listrik yang dihasilkan dari pergerakan konduktor diatara kutub utara dan kutub selatan magnet.

Cara kerja generator listrik adalah memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik, yaitu dengan memutar kumparan didalam medan magnet sehingga menghasilkan energi induksi. Generator pada umumnya menggunakan kumparan sebagai konduktornya karena memang kumparan dapat menghasilkan lebih besar gaya listrik yang terjadi.
Generator listrik memiliki 2 komponen dasar, yaitu bagian yang diam (stator) dan bagian yang bergerak (rotor). Rotor akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator, sedangkan poros generator listrik dapat diputar menggunakan gaya mekanis atau alat penggerak yang dapat menghasilkan kecepatan putaran seperti yang diharapkan, contohnya mengunakan gaya mekanis turbin uap pada pembangkit listrik tenaga uap, atau gaya mekanis kincir angin pada pembangkit listrik tenaga angin dan masih banyak lagi.

Berdasarkan jenis listrik yang dihasilkan, maka generator listrik dibedakan menjadi 2 jenis :
  1. GENERATOR LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK (AC)
Generator listrik arus bolak-balik adalah generator listrik yang umumnya digunakan di Indonesia, mengingat banyaknya pemakaian alat-alat listrik yang menggunakan jenis listrik AC.
Generator listrik arus AC ini memiliki 2 buah stator dan kutub-kutub magnet yang berlawanan serta saling berhadapan sehingga menghasilkan medan magnet, yang digunakan untuk menghasilkan gaya magnet yang berubah-ubah didalam kumparan yang berputar diantara kutub-kutub mangnet tersebut hingga menghasilkan arus listrik bolak-balik (AC).
Pada generator jenis arus bolak-balik (AC) ini juga pada umumnya mempunyai keluaran tegangan listrik tiga fasa 380 volt dan satu fasa 220 volt.

     2.  GENERATOR LISTRIK ARUS SEARAH (DC)

Generator listrik arus searah mempunyai prinsip kerja yang sama dengan prinsip kerja generator arus bolak-balik, hanya saja ada perbedaan pada komutatornya yang terletak pada bagian outputnya. Komutator ini berfungsi sebagai pengubah arus listrik induksi yang adalah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC).

Pada generator listrik jumlah kumparan menentukan besarnya tegangan listrik yang dapat dikeluarkan generator. 
GENERATOR LISTRIK
generator listrik portable

0 Komentar untuk "GENERATOR LISTRIK AC & DC"

...
Back To Top