Powered by Blogger.

INSTALASI SAKLAR HOTEL/SAKLAR TUKAR DIRUMAH


Ilustrasi Kerja Saklar Hotel

Saklar hotel atau sering disebut juga saklar tukar ini sering kita jumpai pada instalasi listrik penerangan tangga atau biasa juga dijumpai pada instalasi listrik ruangan yang cukup besar dan memiliki 2 akses pintu keluar dan masuk yang berbeda. Tujuan penggunaan saklar hotel/saklar tukar ini adalah untuk memudahkan pengoperasian lampu atau alat listrik yang akan dimatikan atau dinyalakan baik melalui pintu atau tempat pertama maupun pintu atau tempat yang lain. Jelas sangat membantu dan memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan lampu atau alat listrik lainnya tanpa harus kembali menuju tempat pertama untuk mematikan atau menyalakan lampu atau alat listrik tersebut karna lampu atau alat listrik dapat dimatikan atau dinyalakan dari 2 tempat.

Sebelumnya pahamilah tentang konstruksi dan cara kerja dari saklar hotel atau saklar tukar melalui ilustrasi gambar diatas dan melalui banyak rekomendasi tentang saklar hotel/saklar tukar melalui sumber informasi lain.

Cara Penggunaannya:

Seperti terlihat pada gambar ilustrasi diatas yaitu pengguna keluar melalui pintu bagian atas dan akan menuju pintu bagian bawah melalui tangga. Maka untuk melaluinya tentu diperlukan cahaya untuk menerangi daerah tangga yang akan dilalui. Maka pengguna dapat menyalakan lampu menggunakan saklar yang terdapat pada sisi dinding sebelah pintu bagian atas. Seperti terlihat pada ilustrasi gambar diatas lampu akan menyala untuk menerangi tangga yang akan dilalui, setelah melalui tangga dan sampai pada pintu bagian bawah, pengguna dapat langsung memadamkan lampu melalui saklar yang terdapat pada sisi dinding bagian bawah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sebaliknya, baik itu dalam proses menyalakan lampu maupun untuk pemadaman lampu. Dari penjelasan diatas dapat dilihat perbedaan penggunaan saklar hotel dengan saklar seperti pada umumnya.

Setelah memahami konstruksi serta cara kerja dari saklar hotel atau saklar tukar, selanjutnya perhatikan gambar diatas juga untuk melihat cara kerja dan instalasi dari saklar hotel atau saklar tukar.

Cara Kerja Saklar hotel

Instalasi dapat dilakukan dengan mengikuti seperti terlihat pada ilustrasi gambar diatas.
Hal yang perlu diperhatikan juga adalah untuk sumber listrik dapat menggunakan sesuai dengan beban yang digunakan, pada contoh dalam artikel ini beban menggunakan lampu penerangan tangga.

Menyalakan lampu melalui saklar pintu atas.

1. Posisi awal kedua saklar adalah POS 1 &  POS 2.

Kondisi seperti terlihat pada ilustrasi gambar diatas:
  • Kontak pada saklar pintu atas POS1 yaitu, L dan 1 terhubung (NC).  L dan 2 terbuka (NO).
  • Kontak pada saklar pintu bawah POS2 yaitu, L dan 2 terhubung (NC). L dan 1 terbuka (NO).
2. Ubah posisi saklar pintu atas menjadi POS2.

Pada kondisi seperti terlihat pada ilustrasi gambar diatas.
Arus listrik akan mengalir dari sumber listrik menuju saklar pintu atas melalui Line terus mengalir melalui kontak nomor 2 dan berlanjut melalui kabel yang disambungkan dengan saklar pintu bawah kepada kontak nomor 2 berlanjut melalui Line untuk diteruskan ke lampu yang telah diberi kabel Neutral, Ini adalah proses menyalakan lampu tangga melalui saklar pada pintu atas seperti terlihat pada ilustrasi gambar diatas .

Memadamkan lampu menggunakan saklar pintu bawah.

 3. Ubah posisi saklar pintu bawah menjadi POS1.

Pada kondisi seperti terlihat pada ilustrasi gambar diatas.
Arus Listrik akan mengalir dari sumber listrik menuju saklar pintu atas melalui Line terus mengalir melalui kontak nomor 2 dan berlanjut melalui kabel yang disambungkan dengan saklar pintu bawah kepada kontak nomor 2 , oleh karena kondisi POS2 pada saklar pintu bawah berkondisi L dan 2 terbuka (NC) maka aliran arus listrik terputus hanya sampai pada kontak nomor 2 tersebut dan karena arus listrik tidak dapat diteruskan kepada kontak Line pada saklar pintu bawah maka lampu menjadi padam.
Pada hal diatas dapat dilakukan melalui kedua saklar, baik saklar pintu bawah maupun saklar pintu atas. 

Demikian informasi tentang instalasi saklar hotel/saklar tukar dirumah. Mengingat bahaya dan kerugian yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam pekerjaan ini, maka sangat tidak disarankan bagi yang belum berpengalaman dan sedikit pengetahuan tentang kelistrikan untuk mengerjakannya. Utamakan keselamatan dalam mengerjakannya. Semoga bermanfaat.
Tag : saklar hotel
0 Komentar untuk "INSTALASI SAKLAR HOTEL/SAKLAR TUKAR DIRUMAH"

...
Back To Top