Powered by Blogger.

STAR DELTA STARTER MOTOR INDUKSI 3 FASA

      Star delta starter ( Y/Δ ) adalah salah satu pengawatan pada motor induksi 3 fasa yang sering dipakai pada instalasi motor-motor induksi industri. Tujuannya adalah untuk mengurangi arus start atau pengasutan motor induksi yang besar pada saat pergerakan pertama motor induksi, yang besarnya 5-7 kali arus nominal. Jelas stardelta starter ini lebih efisien dibandingkan motor harus langsung menggunakan pengasutan secara delta ( Δ ).

        Prinsip kerja dari star delta starter ini adalah dimulai dengan memberikan sambungan star ( Y ) pada motor induksi sebagai pengasutan awal yang bertujuan memberikan arus start lebih kecil, dapat dilihat dari perhitungan berikut :
          Uph = UL
                  √3
            Iph = ILY

Dan dilanjutkan dengan mengganti sambungan menjadi delta ( Δ ) dan dapat juga dilihat melalui perhitungan berikut :
         Uph = UL
           Iph = I
                  √3
Perpindahan sambungan star ( Y ) menjadi delta ( Δ ) dilakukan setelah motor induksi cukup memperoleh torque awal dan stabil dalam berputar.
Dalam hal ini perpindahan dari rangkaian star ( Y ) menjadi delta ( Δ ) dilakukan secara otomatis menggunakan komponen listrik yang disebut timer. Pada timer  pengaturan waktu perpindahan dapat diatur sesuai kebutuhan yang pada umumnya 5-10 detik.

        Komponen pada rangkaian Star Delta.

  • MCCB/MCB 3P.
  • Main Contactor.
  • Delta Contactor.
  • Star Contactor.
  • Timer.
  • Push button ON.
  • Push button OFF.
  • Lampu Indikator ON.
  • Lampu Indikator OFF.
  • Terminal Blok.
MCCB
      Dalam rangkaian stardelta terdapat sebuah komponen listrik yang disebut MCCB atau sering juga menggunakan MCB 3P. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai pembatas arus listrik yang nilai batasannya harus disesuaikan dengan beban /daya listrik motor induksi yang dipakai.

Main Contactor
      Main contactor berperan sebagai kontaktor utama yang akan memberikan arus dan tegangan utama kepada motor listrik.

Star Contactor
      Star contactor adalah kontaktor yang memberikan sambungan star ( Y ) yang digunakan pada saat start awal motor induksi yang pada umumnya berlangsung selama 5-10 detik.

Delta Contactor
      Delta contactor adalah kontaktor yang memberikan sambungan delta ( Δ ) yang digunakan setelah motor induksi stabil berputar, dalam hal ini umumnya bekerja melalui perintah timer yang diatur setelah 5-10 detik.

Timer
      Timer pada rangkaian stardelta berperan sebagai pengatur pergantian sambungan dari star ( Y ) menjadi delta ( Δ ) yang diatur 5-10 detik.

Thermal Overload Relay
        Thermal overload relay atau disingkat TOR. Berfungsi sebagai pengaman arus beban lebih pada rangkaian stardelta dan motor induksi. Pengaturan pada komponen inipun harus disesuaikan dengan penggunaan beban atau arus motor induksi yang digunakan. Komponen ini memiliki kontak yang berfungsi sebagai indikator terjadinya gangguan pada instalasi yang dapat dihubungkan kepada lampu tanda gangguan atau juga sirine gangguan instalasi pada rangkaian yang digunakan.


3LINE STARDELTA
3LINE STARDELTA
WIRING CONTROL STARDELTA
WIRING CONTROL STARDELTA

0 Komentar untuk "STAR DELTA STARTER MOTOR INDUKSI 3 FASA"

...
Back To Top