Powered by Blogger.

MENGATUR KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN TEKNIK PWM


        Motor DC adalah salah satu jenis motor listrik yang dapat bekerja apabila mendapatkan sumber tegangan DC (arus searah), yaitu sebuah komutator mengubah energi listrik menjadi energi mekanis berdasarkan prinsip kemagnetan. Seiring perkembangan zaman, motor DC kian digemari dan semakin banyak penggunaannya, Khususnya pada peralatan rumah tangga atau peralatan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Konstruksi yang lebih kecil dan ringan serta cara penggunaan motor DC memang lebih mudah dan tidak terlalu rumit, diiringi inovasi para penggemar serta para pengembang peralatan yang menggunakan motor DC, menjadikan penggunaan motor DC semakin mudah digunakan.

        Teknik pengaturan motor DC dengan cara memanipulasi lebar sinyal yang dinyatakan dalam pulsa pada satu periode untuk menghasilkan tegangan yang berbeda dari sumber tegangan yang stabil dan pada frekwensi kerja yang tetap, atau biasa disebut Pulsa Width Modulation (PWM).
Hasilnya adalah semakin lebar pulsa pada sisi positif maka semakin cepat putaran motor DC tersebut, begitupun sebaliknya, Semakin lebar pulsa pada sisi negatif, maka semakin lambat putaran motor DC tersebut.

         Prinsip dan tujuan dari teknik ini adalah menghasilkan sinyal analog dari sebuah perangkat digital. Teknik PWM pada umumnya menggunakan teknik analog dan digital.
Pada teknik analog dapat menghasilkan perubahan pulsa yang sangat halus, sedangkan pada teknik digital perubahan pulsa tergantung dari jumlah variasi perubahan nilai pulsa tersebut.
Untuk sekarang para pengguna motor DC semakin mudah untuk dapat mengatur kecepatan motor DC yang akan digunakan, oleh karena banyaknya dan mudah ditemukan berbagai jenis module pengatur kecepatan motor DC.
Dibawah ini adalah video tentang mengatur kecepatan motor DC menggunakan teknik PWM dengan menggunakan module speed controller, serta cara pengawatannya.



4 Komentar untuk "MENGATUR KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN TEKNIK PWM"

Sayangnya ane blm punya motor gan :D, tapi mungkin bermanfaat kalau ane punya motor nanti :D.

amanlah itu gan, yang penting trims kunjungannya.

Kalo yg bor listrik itu motornya pke pwm jga gk gan untuk mengatur kecepatan putaranya? Saya jga liat gbr agan itu potensio meter buat gedein tegangan di motor ya?

untuk bor listrik model terbaru pengaturan kecepatan menggunakan pwm gan, untuk model lama menggunakan step lilitan pembeda tegangan

...
Back To Top