Powered by Blogger.

INSTALASI PHOTOCELL SERTA CARA KERJANYA

Photocell - www.panellistrik.id

Photocell atau biasa disebut juga dengan Photocontrol adalah sebuah komponen listrik yang termasuk dalam saklar otomatis.

Cara Kerja Photocell

Cara kerja photocell adalah apabila bagian tertentu dari photocell terkena sinar matahari (pagi hingga sore) ataupun sebaliknya, yaitu bagian tertentu dari photocell tidak mendapat cahaya matahari ( malam) maka sebuah sensor didalam photocell akan bekerja, Sensor yang dimaksud pada umumnya adalah rangkaian elektornik berupa LDR ( Light Dependent Resistor ), yang akan bekerja menurut resistansi yang ditimbulkan oleh intensitas cahaya yang dibaca oleh sensor tersebut. Yaitu apabila photocell mendapatkan sinar matahari ( pagi hingga siang) maka resistansi yang ditimbulkan oleh intensitas cahaya yang terbaca oleh sensor menjadi besar, sehingga arus tidak dapat mengalir dan memutuskan jaringan menuju beban atau alat listrik lainya. Dan sebaliknya nilai resistansi yang ditimbulkan akan menjadi lebih kecil apabila sensor tidak terkena cahaya matahari ( malam ), sehingga arus dapat mengalir dan dapat menghubungkan instalasi jaringan menuju beban ataupun alat listrik lainya.

Instalasi Photocell

Photocell pada umumnya digunakan pada lampu-lampu luar ruangan yang pengoperasiannya adalah sebuah rutinitas yang hendak dilakukan secara otomatis tanpa bantuan operator untuk mengoperasikannya secara rutin dan memiliki dua waktu operasi yaitu pada waktu matahari mulai bersinar ( pagi hingga sore ) dan pada waktu matahari tebenam ( malam ) .


Photocell pada umumnya memiliki 3 kabel yang harus disambungkan kejaringan listrik yang akan digunakan.
  1. Kabel berwarna Hitam yang pada umumnya disambungkan ke Line atau jaringan sumber listrik seperti PLN atau juga Baterai pada bagian positif (+).
  2. Kabel berwarna Putih, kabel ini pada umumnya tersambung pada Neutral / Nol pada jaringan sumber listrik seperti PLN atau juga Baterai pada bagian Negatif (-). Kabel ini juga terhubung langsung pada beban atau peralatan listrik yang akan di operasikan menggunakan photocell pada bagian Neutral / Nol nya.
  3. Kabel berwarna Merah, Kabel ini pada umumnya akan langsung tersambung pada beban atau peralatan listrik yang akan dioperasikan photocell pada bagian Load atau Positif (+) pada beban listrik DC.

Beberapa contoh penggunaan photocell yang sering dijumpai:

Lampu jalan raya, lampu taman publik, lampu mercusuar dan tentunya masih banyak lagi. Penggunaan photocell pada jaringan instalasi  rumah tangga memang sangat jarang digunakan, mungkin karena kurang mengenal cara kerja dari komponen listrik ini sehingga timer listriklah yang pada umumnya mengambil peranan dalam pengoperasian lampu otomatis pada instalasi lampu luar atau lampu taman rumah.
Tag : Sensor
0 Komentar untuk "INSTALASI PHOTOCELL SERTA CARA KERJANYA"

...
Back To Top