Powered by Blogger.

ads_adn

loading...

CARA KERJA TIMER LISTRIK


Timer listrik termasuk dalam salah satu komponen panel listrik yang sering digunakan dalam berbagai macam instalasi panel listrik yang pada umumnya beroperasi secara otomatis. Menurut cara kerjanya, timer listrik juga sering digunakan pada instalasi rumah, yang pada umumnya digunakan untuk instalasi penerangan area luar rumah seperti lampu taman,lampu teras, dan masih banyak lagi tentunya. Dimana peran timer listrik dapat membantu mengoperasikan atau menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hal ini tentunya sangat membantu karena dapat menggantikan peran operator/manusia dalam mengoperasikannya.
Selain timer listrik, penggunaan komponen listrik khususnya pada area luar rumah atau luar ruangan yang sering dijumpai adalah photocell. Fungsi dari photocell ini juga sama dengan penggunaan timer listrik, yaitu mengopersikan lampu luar ruangan secara otomatis tanpa bantuan operator/manusia untuk menghidupkan dan memadamkan lampu tersebut. Untuk instalasi photocell dapat dibaca pada artikel tentang instalasi photocell serta cara kerjanya pada blog ini.

Contoh penggunaan cara kerja timer listrik pada instalasi lampu luar.

Pada video dibawah dijelaskan, saat timer listrik belum diberi tegangan:
  • Posisi kontak Normally Open (NO) pada pin nomor 8 dan 5 serta 1 dan 3.
  • Sedangkan untuk kontak Normally Close (NC) ada pada pin nomor 1 dan 4 serta 8 dan 6.
Perlu diketahui, command pada kontak-kontak tersebut adalah pin nomor 1 dan 8, yaitu untuk mendapatkan kontak bekerja secara NO atau NC input harus melalui pin command nomor1 atau 8, sedangkan output NO harus terpasang pada pin nomor 5 untuk penggunaan input pin nomor 8, dan pin nomor 3 untuk penggunaan input pin nomor 1.
Selanjutnya untuk penggunaan kontak NC, output terpasang pada pin nomor 4 untuk penggunaan input pin nomor 1 dan pin nomor 6 untuk penggunaan input pin nomor 8.
  • Pin nomor 2 dan 7 digunakan untuk input tegangan sesuai spesifikasi dari tegangan kerja timer listrik yang digunakan.
Selanjutnya pada saat input pin nomor 2 dan 7 diberi tegangan listrik:
  • Timer listrik memulai waktu penghitungan sesuai waktu yang telah ditentukan, yaitu dengan memutar jarum penunjuk waktu pada timer listrik.
  • Pada saat waktu penghitungan selesai sesuai waktu yang ditentukan maka kontak-kontak timer listrik berubah posisi, yaitu kontak NO menjadi NC.
Dari penjelasan diatas serta video dibawah, maka timer listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan lampu luar dengan menyambungkan kabel input PLN ke pin nomor 2 dan 7 sebagai sumber tegangan listrik. Selanjutnya memberikan input pada pin nomor 1 atau 8 atau bisa juga keduanya, dan menyambungkan salah satu kabel lampu ke output timer. Penyambungan kabel lampu ke output timer dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan, artinya apabila dibutuhkan proses memdamkan lampu secara otomatis, maka kabel lampu dapat disambung pada output timer NC dan sebaliknya, apabila yang dibutuhkan adalah proses menyalakan lampu secara otomatis, maka output timer yang digunakan adalah NO.
Pada video dapat dilihat ilustrasi cara kerja timer listrik, karena pada kenyataannya timer listrik bekerja secara elektonis. Video hanya mengilustrasikan keluaran pada output dan input timer listrik tersebut, serta cara menggunakan pin atau kontak-kontak pada timer listrik.
Pada rangkaian kontrol panel listrik, penggunaan timer listrik sering dipadukan dengan penggunaan relay listrik sebagai pendukung fungsi dari timer listrik tersebut. Baca juga artikel tentang cara kerja relay listrik pada blog ini.
Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja timer listrik dapat dilihat pada video dibawah ini.

0 Komentar untuk "CARA KERJA TIMER LISTRIK"

...
Back To Top